Langsung ke konten utama

Postingan

Pemikiran Nietszche Terhadap Posmedernis

REVIU BUKU TEORI DAN METODOLOGI Ilmu Pengetahuan Sosial Budaya Kontemporer Pengarang: Dr. Akhyar Yusuf Lubis Ed.1-Cet.1- Jakarta: Rajawali Pers, 2014. Buku ini menjelaskan tentang konsep, teori, da metodologi yang sangat penting utuk kajian sosial-budaya kontemporer (Radikal). Pembahasan di buku ini di mulai dari pemikiran Neetszche yang pemikiranya disebut sebagai inspirator bagi pemikiran postmederen.    Pembahasan dimuali dari dari pemikiran Nietszche yang pemikiranya disebut sebagai inspirator bagi pemikiran posmoderenis. Selanjutnya dibahas tentang sturukturalisme dari Max, Freud, Levis Strauss dan Ferdinan De Saussure. Strukturalisme Saussure mendapat porsi pembahasan yang cukup rinci karena konsep dan teorinya diperlukan untuk memahmi apa yang dikritik secara radikal oleh Poststrukturalis (khususnya Derrida) pada strukturalisme Saussure. Poststrukturalisme kemudian dipaparkan sebagai reaksi atas pemikiran strukturalis yang mendekonstruksi: sistem/...

Pemahaman Konsep Belajar Berdasarkan Teori Kognitif

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang             Belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar memiliki kompetensi berupa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Belajar juga dapat dipandang sebagai proses elaborasi dalam upaya pencarian makna yang dilakukan oleh individu. Proses belajar pada dasarnya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kompetensi personel. Belajar menurut teori belajar kognitif merupakan proses mental aktif untuk memperoleh, mengingat dan menggunakan pengetahuan.             Kegiatan aktivitas pembelajaran didesain dengan tujuan untuk memfasilitasi siswa mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran. Kompetensi mencerminkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat diperlihatkan oleh seseorang setelah menempuh proses pembelajaran oleh karena itu kegiatan pembelajaran   harus berlandaskan peda teori-...