Menyajikan Data Mengungkap Fakta Menjadi Sejarah

Sejarah

3/sejarah/post-list

MAKALAH KETERTIBAN


KATA PENGANTAR

Dengan Menyebut nama Allah SWT, yang selalu melimpahkan kasih sayang kepada makhluknya, segala puja dan puji hanya dipersembahkan kepadanya, shalawat dan salam dilimpahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai penunjuk jalan bagi umat menuju keridhaan Allah SWT.
Makalah ini disusun dengan maksud untuk menambah bahan pengetahuan tentang Ketertiban. Ketertiban yang dimaksud dalam makalah ini adalah ketertiban sebagai landasan kehidupan dilingkungan baik lingkungan pendidikan, perkantoran, maupun dilingkungan masyarakat umum dan kedisiplinan seseorang terhadap aturan yang berlaku. Namun demikian  usaha seperti ini dirasakan masih sangat kurang bila dibandingkan dengan luasnya permasalahan-permasalahan Ketertiban diberbagai aspek dalam kehidupan masyarakat. Penulis menyadari bahwa penulisan Makalah ini jauh dari harapan akan kesempurnaan. Namun berkat usaha penulis dan bantuan yang selalu datang dari berbagai pihak, hingga penulisan makalah ini dapat diselesaikan. Sehubungan dengan hal itu, perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang setulus-tulusnya terutama kepada senioritas panitia ospek karena dengan tugas diberikan dapat menambah pengetahuan penulis tentang ketertiban, dan dengan tugas makalah yang di berikan ini sehingga penulis bisa sadar akan hakekat pentinya ketertiban.
Akhir kata penulis mengharapkan adanya kritik dan saran dari pembaca demi menyempurnakan penulisan skripsi ini. Semoga penulisan ini bermanfaat bagi pembaca.
Malang,   Agustus  2012

                                            P e n u l i s



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Manusia dilahirkan dan hidup tidak terpisahkan satu sama lain, melainkan berkelompok. Hidup berkelompok ini merupakan kodrat manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Selain itu juga untuk mempertahankan hidupnya, baik terhadap bahaya dari dalam maupun yang datang dari luar. Setiap manusia akan terdorong melakukan berbagai usaha untuk menghindari atau melawan dan mengatasi bahaya-bahaya itu. Dalam hidup berkelompok itu terjadilah interaksi antar manusia.
Sebagai manusia yang menuntut jaminan kelangsungan hidupnya, harus diingat pula bahwa manusia adalah mahluk sosial. Menurut Aristoteles, manusia itu adalah Zoon Politikon, yang dijelaskan lebih lanjut oleh Hans Kelsen “man is a social and politcal being” artinya manusia itu adalah mahluk sosial yang dikodratkan hidup dalam kebersamaan dengan sesamanya dalam masyarakat, dan mahluk yang terbawa oleh kodrat sebagai mahluk sosial itu selalu berorganisasi. Kehidupan dalam kebersamaan (ko-eksistensi) berarti adanya hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya. Hubungan yang dimaksud dengan hubungan sosial (social relation) atau relasi sosial. Yang dimaksud hubungan sosial adalah hubungan antar subjek yang saling menyadari kehadirannya masingmasing. Dalam hubungan sosial itu selalu terjadi interaksi sosial yang mewujudkan jaringan relasi-relasi sosial (a web of social relationship) yang disebut sebagai masyarakat. Dinamika kehidupan masyarakat menuntut cara berperilaku antara satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu ketertiban.
Ketertiban didukung oleh tatanan yang mempunyai sifat berlain-lainan karena norma-norma yang mendukung masing-masing tatanan mempunyai sifat yang tidak sama. Oleh karena itu, dalam masyarakat yang teratur setiap manusia sebagai anggota masyarakat harus  memperhatikan norma atau kaidah, atau peraturan hidup yang ada dan hidup dalam masyarakat. Ketertiban dapat membuat seseorang disiplin, Ketertiban dan Kedisiplinan sebagai Landasan Kemajuan. Tertib dan disiplin adalah matra yang amat menentukan keberhasilan sebuah proses pencapaian tujuan. Dengan ketertiban, seseorang  berusaha mengetahui dan mencermati aturan agar perjalanan menjadi lebih lancar. Disiplin adalah sikap yang diperlukan untuk menjalani proses tersebut.
B.     Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang uraian diatas maka permasalahannya dapat dirumuskan adalah sebagai berikut:
1.      Apa itu ketertiban
2.      Bagaimana ketertiban dalam hidup
3.      Apakah ketertiban dapat membawa kedamaian dan kebahagiaan
C.    Pembatasan masalah
Untuk  menghindari terjadinya kesalahan pemahaman rumusan masalah tersebut, maka masalah ini dibatasi khusus pada pembahasan menyangkut dengan ketertiban dalam kehidupan manusia.
D.    Tujuan penulisan
Dalam kesempatan penulisan ini akan dibahas mengenai ketertiban dan makalah ini disusun untuk memenuhi tugas yang diberikan senioritas.
E.     Manfaat penulisan
Dengan tercapainya tujuan di atas, maka manfaat yang diharapkanadalah sebagai berikut
1.      Manfaat teoritis.
a.       Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang  ketertiban 
b.      Sebagai bahan masukan bagi kalangan akademisi yang ingin melakukan pengkajian lebih lanjut berkaitan dengan hubungan ketertiban
2.      Manfaat praktis.
a.       Sebagai masukan bagi setiap individu khususnya dan masyarakat pada umumnya tentang ketertiban
b.       Untuk menumbuhkaan kesadaran bagi individu dan masyarakat tentang ketertiban




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Ketertiban
Ketertiban asal kata tertib yang berarti teratur; menurut aturan; rapi. Sedangkan ketertiban yaitu peraturan (dl masyarakat dsb); atau keadaan serba teratur baik. Ketertiban adakalanya diartikan sebagai “ketertiban, Kesejahteraan, dan Keamanan”, atau disamakan dengan ketertiban umum, atau synonym dari istilah “keadilan”. Ketertiban umum Dalam bukunya “Pengantar Hukum Perdata Internasional Indonesia” Prof.Dr S.Gautama mengibaratkan lembaga ketertiban umum ini sebagai “rem darurat” yang kita ketemukan pada setiap kereta api. Pemakainya harus secara hati-hati dan seirit mungkin karena apabila kita terlampau lekas menarik rem darurat ini, maka “kereta HPI” tidak dapat berjalan dengan baik.
Lebih lanjut S.Gautama mengatakan bahwa lembaga ketertiban umum ini digunakan jika pemakaian dari hukum asing berarti suatu pelanggaran yang sangat daripada sendi-sendi azasi hukum nasional hakim. Maka dalam hal-hal pengecualian, hakim dapat menyampingkan hukum asing ini.
Manusia adalah makhluk social yang selau berinteraksi dan membutuhkan bantuan dengan sesamanya. Dengan adanya hubungan sesame seperti itulah perlu adanya keteraturan sehingga individu dapat berhubungan secara harmoni dengan individu lain sekitarnya. Oleh karena itu diperlukan aturan yang disebut “Hukum”. Hukum diciptakan dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang menyatakan bahwa tujuan hukum adalah keadilan, ada juga yang menyatakan kegunaan, ada yang menyatakan kepastian hukum, dll.
Hukum yang ada kaitannya dengan masyarakat mempunyai tujuan utama yaitu dapat direduksi untuk ketertiban (order). Menurut Mochtar Kusumaatmadja “Ketertibaban” adalah tujuan pokok dan pertama dari segala hukum, Kebutuhan terhadap ketertiban ini merupakan syarat pokok(fundamental)bagi adanya suatu masyarakat manusia yang teratur, ketertiban sebagai tujuan hukum, merupakan fakta objektif yang berlaku bagi segala masyarakat manusia dalam segala bentuknyauntuk mencapai ketertiban ini diperlukan adnaya kepastian dalam pergaulan antar manusia dalam masyarakat.
B.     Ketertiban Dalam Hidup
Di setiap aspek kehidupan sudah barang tentu terdapat sebuah aturan yang mengatur. Baik di lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, atau pun di bidang sosial, politik maupun agama. Kenapa? Karena dengan adanya aturan akan menciptakan ketertiban dan membuat keadaan menjadi lebih tenang, damai, aman, dan sentosa. Bahkan, dengan  adanya ketertiban itulah terselenggaralah kehidupan di dunia dan alam semesta ini.
Aturan merupakan sebuah kata yang mempunyai makna sesuatu yang harus dipatuhi. Aturan juga disebut dengan norma. Sebuah norma adalah sebuah aturan, patokan atau ukuran, taitu sesuatu yang bersifat pasti dan tidak berubah. Dengan adanya norma kita dapat memperbandingkan sesuatu hal lain yang hakikatnya, ukurannya, serta kualitasnya kita ragukan. Norma berguna untuk menilai baik-buruknya tindakan masyarakat sehari-hari. Sebuah norma bisa bersifat objektif dan bisa pula bersifat subjektif. BIla norma objektif adalah norma yang dapat diterapkan diterapkan secara langsung apa adanya, maka norma subjektif adalah norma yang bersifat moral dan tidak dapat emmberikuan ukuran atau patokan yang memadai.
Aturan bisa diterapakan dalam kehidupan keluarga agar tercipta kehidupan rumah tangga yang berjalan tentram, indah, bersih, dan bahagia. Aturan juga terdapat pada Negara yang disebut dengan undang-undang. Dalam kehidupan masyarakat, sesuatu yang bersifat mengatur disebut hukum. Dengan adanya hukum itulah terjadi ketertiban dan ketentraman dalam kehidupan masyarakat. Bila hukum tidak ada atau tidak berfungsi, maka akan terjadi hukum rimba. Siapa kuat dialah yang berkuasa. Tentunya, ini akan berbahaya. Bahaya dari hukum rimba itu adalah anarki, dan kekacauan sosial akan terjadi dimana-mana. Sedikit lebih rendah dari norma, hukum dalam masyarakat juga berlaku sebagai norma sopan-santun yang mencerminkan etika seseorang.
Sesuatu yang bersifat aturan juga terdapat dalam alam semesta. Kita mengenal hukum alam, itulah aturan yang bekerja di alam semesta. Ketertiban  alam semesta dikenal di dalam agama Buddha sebagai Niyama artinya Hukum Tertib Kosmis. Sesungguhnya, di dalam segenap bidang kehidupan berlaku aturan dan ketertiban. Ketertiban itu pulalah yang dikuak oleh ilmu pengetahuan lewat teori. Sedangkan hukum-hukum di dalamnya sebagai bidangnya.
Pada tingkat kehidupan materi an-organik berlaku hukum ketertiban fisika yang disebut Utu-Niyama. Pada tingkat organik berlaku hukum ketertiban organik yang disebut Bija-Niyama. Pada tingkat kesadaran dan batiniah berlaku hukum ketertiban  jiwa yang disebut Citta-Niyama. Pada tingkat kehidupan dunia yang sulit terinderakan, gaib, dan bersifat spiritual juga ada hukum ketertiban yang terangkum dalam Dharma-Niyama. Dan dalam tingkat perilaku manusia pun memiliki hukum ketertiban yang disebut Karma-Niyama.
Bila dunia semesta saja memiliki ketertiban dan aturan, maka bayangkanlah bila hidup ini tidak ada aturan? Apa yang akan terjadi? Tentunya dunia ini akan kacau dan chaos. Orang akan saling membunuh, saling mencerca, saling fitnah. Perampokan, pencurian, penipuan akan merajalela. Tidak ada lagi jaminan dan perlindungan terhadap hak asasi, tidak ada rasa aman, tidak ada lagi perlindungan terhadap hak milik, tidak ada lagi kebenaran. Semua serba kacau dan orang akan melakukan sesuatu dengan sesuka hatinya. Tidak ada bedanya antara benar dan salah, tidak ada bedanya antara kebijaksanaan dan keegoisan, antara giat dan malas, antara sukses dan gagal.
Oleh karena itu aturan sangat penting bagi kehidupan manusia. Karena aturan itu akan menciptakan kedamaian, ketentraman. Aturan juga harus jelas, sehingga antara yang menjalankan maupan yang melanggarnya tahu akan akibat dari pelanggaran aturan yang ia lakukan. Ketertiban pada prinsipnya dapat membuat seseorang disiplin, sebab Ketertiban dan Kedisiplinan sebagai Landasan Kemajuan tertib dan disiplin adalah matra yang amat menentukan keberhasilan sebuah proses pencapaian tujuan. Dengan ketertiban, kita berusaha mengetahui dan mencermati aturan agar perjalanan menjadi lebih lancar. Disiplin adalah sikap yang diperlukan untuk menjalani proses tersebut.
C.    Ketertiban dapat membawa kedamaian dan kebahagiaan
Sebelum kita masuk kepada bagaimana konsep ketertiban yang membawa kedamaian dan kebahagiaan sekaligus, kita lihat dulu tujuan akhir dari konsep yang hendak dicapai yakni kebahagiaan. Menurut Hans Kelsen kebahagiaan sosial merupakan kedilan. Lalu lebih lanjut Kelsen menjelaskan bahwa konsep keadilan merupakan sebuah konsep pertimbangan nilai yang bersifat subjektif.
Apa arti sesungguhnya dari pernyataan bahwa tatanan sosial tertentu merupakan sebuah tatanan sosial yang adil? Pernyataan ini berarti bahwa tatanan tersebut mengatur perbuatan manusia dengan cara yang memuaskan bagi semua orang sehingga mereka semua menemukan kebahagiaan di dalamnya. Kerinduan akan kedilan merupakan kerinduan abadi manusia akan kebahagiaan.
Kebahagiaan ini tidak dapat ditemukan oleh manusia sebagai seorang individu terisolasi dan oleh sebab itu ia berusaha mencarinya di dalam masyarakat. Roscoe Pound berpendapat tatanan hukum yang adil adalah tatanan hukum yang mengamankan dan melindungi berbagai kepentingan kodifikasi hukum tradisional yang diwarisi sesuai kondisi sosial yang ada.
Namun menurut Kelsen bahwa jelaslah tidaklah mungkin ada ada tatanan yang adil, yakni tatanan yang memberikan kebahagiaan bagi setiap individu, bila kita mendefenisikan kebahagiaan dari pengertian aslinya yang sempit tentang kebahagiaan perseorangan, mengartikan kebahagiaan sesorang sebagai apa yang menurutnya memang demikian. Karena itu tidak dipungkiri bahwa pada suatu saat kebahagiaan seseorang akan bertentangan secara langsung dengan kebahagiaan orang lain. Jadi tidak mungkin pula ada suatu tatanan yang adil meskipun atas dasar anggapan bahwa tatanan ini berusaha menciptakan kebahagiaan bukan atas kepada setiap orang perorangan. Menurut Kelsen yang dapat dikatakan adil adalah sebuah “legalitas” dari suatu aturan yang diterapkan terhadap semua kasus yang memang menurut isinya aturan ini yang harus diterapkan.
Berdasar atas rasio berpikir tersebut jelaslah bahwa keadilan merupakan suatu pandangan yang nisbi adanya dan hanya dapat dinilai dengan penilaian secara emosional. Namun masihlah lebih baik jika pandangan yang subjektif dan nisbi itu bertujuan dapat memberikan keadilan bagi sebanyak-banyaknya orang, daripada menciptakan sebuah gagasan yang bersifat memaksa tanpa mempertimbangkan perasaan hukum bagi sebanyak-banyaknya orang, maka justru akan membuat keadaan menjadi tidak lebih baik. Hal tersebut merupakan pandangan Jeremi Benthamthe aim of law is the greates happiness for the greates number”. Dan dengan pandangan itu paling tidak tujuan akhir kebahagiaan yang hendak dicapai dapat dinikmati oleh sebanyak-banyaknya orang dari pada tidak sama sekali.
Akan tetapi menurut John Rawls keadilan yang diinginkan bagi sebanyak-banyaknya orang belum tentu keadilan yang objektif dan diterima secara rasio. Rawls memberi contoh apabila sebagian besar orang lebih menginginkan kondisi sosialnya menghalalkan perbudakan apakah itu bisa dikatakan sbagai keadilan bagi sebanyak-banyaknya orang dan apakah hal itu bisa diterima oleh rasio manusia yang beradab?. Rawls lalu mengemukakan teori keadilan yang kemudian dikenal dengan teori keadilan Rawls, menurutnya keadilan baru bisa didapatkan apabila orang dalam keadaan bebas/ independen dan tidak mengetahui posisinya di dalam sosial. Dalam teori ini kebahagiaan dapat diperoleh dengan prinsip kebebasan bertindak.
Menurut Imam Al-Gazali bahagia itu terdiri atas lima hal yaitu: 1. kebahagiaan akherat, 2. kebahagiaan yang dikarenakan oleh taufiq atau tuntunan dari yang Maha Kuasa (kedua jenis kebahagiaan itu merupakan kebahagiaan yang bersifat transedental) 3. bahagia yang dikarenakan oleh kutamaan akal budi yaitu kecerdasan, 4 keutamaan dari tubuh yaitu kesehatan dan kerupawanan, 5. kesehatan dari luar tubuh yaitu harta, keluarga, sosial dan keturunan (ketiga kebahagiaan itu merupakan kebagiaan yang bersifat lahiriah). Jenis kebahagiaan transedental hanya dapat dicapai pada kondisi sosial yang berkultur religius sementara yang bersifat lahiriah dapat dicapai oleh kelompok masyarakat manapun. Kebahagiaan lahiriah dalam pencapaiannya membutuhkan pola-pola yang tersusun secara sistemik oleh pemegang kendali dalam masyarakat (dalam hal ini pemerintah). Seperti pemerintah harus mengusahakan kesejahteraan bagi rakyatnya, mengusahakan pendidikan yang baik bagi rakyatnya, mengusahakan pelayanan kesehatan yang baik bagi rakyatnya d.l.l. Kebahagiaan yang bersifat transedental bukan berarti tidak dapat membawa kebahagiaan sampai ke alam nyata malah justru kebahagiaan transedental terbukti efektif membawa kebahagiaan itu. Kita sebut saja bagaimana konsep “kesabaran” yang diajarkan dan menjadi dogma dalam penganut agama Islam menjadikan penganutnya mampu untuk mengatasi berbagai hal yang selama ini menjadi masalah sosial, contoh kemiskinan, dalam konsep “sabar” kemiskinan dipandang sebagai cobaan dari yang Maha Kuasa yang mengharuskan orang yang mengalaminya untuk dapat menerima keadaan tersebut dengan hati yang ikhlas sembari berusaha untuk keluar dari kesulitan tersebut, sementara orang-orang mampu di sekitarnya diwajibkan untuk senantiasa membantu orang yang tidak mampu ini. Pembantuan tersebut dikenal dengan istilah Zakat, Infaq, dan sedekah. Kedua hal itu merupakan keseimbangan hidup. Dengan menilik hal tersebut dapat dikatakan bahwa keseimbangan hidup dapat diartikan saling memberi “manfaat”. Atau dengan kata lain tujuan hukum Islam adalah bagaimana memperoleh kemanfaatan dan kemaslahatan ummat.
Menurut F.K. von Savigny sebagai penganut mazhab sejarah keadilan hukum itu tidak dibuat namun tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Pendapat ini mempergunakan dasar volkgiest (jiwa rakyat) yang berbeda-beda menurut waktu dan tempat. Jadi menurut teori ini kebahagiaan itu tidak perlu dibuat namun dibiarkan tumbuh dengan sendirinya berdasarkan jiwa rakyat atau volkgiest itu.
Hal selanjutnya adalah persoalan “kedamaian”. Tatanan hukum yang seperti apakah yang dapat menimbulkan kedamaian? Kedamaian dapat ditimbulkan oleh tatanan hukum yang bukan untuk memuaskan kepentingan satu pihak dengan mengorbankan kepentingan pihak yang lain, tetapi menghasilkan satu kompromi antara kepentingan-kepentingan yang bertentangan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya friksi. Hanya tatanan hukum yang seperti itulah yang memungkinkan untuk menjamin perdamaian sosial bagi para subjeknya atas suatu dasar yang relatif permanen.
Menurut kaum positivis cita-cita keadilan merupakan sesuatu yang sangat berbeda dari cita-cita pardamaian, ada kecendrungan untuk menyamakan kedua cita-cita tersebut, atau paling tidak menggantikan cita-cita keadilan dengan cita-cita perdamaian. Perdamaian dapat tercapai bila tercipta keteraturan dalm masyarakat. Dengan aturan yang dibuat oleh otoritas tertinggi dari suatu komunitas akan mampu menciptakan kedamaian diantara angggota masyarakatnya, kedamaian ini paling tidak muncul dari rasa takut terhadap sanksi yang mengikuti aturan tersebut. Seperti itulah kaum positivis memaknai hukum dalam membawa perdamaian. Namun jika atas rasio tersebut aturan dibuat maka tujuan untuk mencapai kebahagiaan akan sulit tercapai
Kedamaian dapat diciptakan dengan barbagai peraturan yang mana peraturan itu tentunya tidak mengandung tendensi tertentu bagi kalangan tertentu pula. Lalu bagaimana cara agar aturan yang dibuat tidak menimbulkan tendensi? Disinilah mungkin peran Justice theory dari John Rawls dibutuhkan, pembuat aturan haruslah bebas dan tidak mengetahui kepentingannya dalam aturan yang dibuatnya.
Ketertiban akan senantiasa membawa kedamaian, namun perlu juga digaris bawahi bahwa kedamaian belum tentu membawa kebahagiaan. Lalu ketertiban yang bagaimanakah yang mampu membawa kedamaian sekaligus kebahagiaan. Konsep dasarnya adalah “peraturan”. Tujuan yang hendak dicapai adalah “aturan” yang membawa ketertiban, “aturan” yang membawa kedamaian, “aturan yang membawa kebahagiaan.
Sejak awal dikatakan biasanya peraturan dapat membawa ketertiban dan kita ketahui bahwa ketertiban ini akan membawa kedamaian antar individu dalam komunitas yang diatur tersebut, tak peduli apakah peraturan tersebut sesuai atau tidak sesuai dengan keinginan intern komunitas yang diatur. Jadi yang terpenting adalah bagaimana peraturan yang mampu membawa kebahagiaan. Sebagaimana yang telah dipaparkan di atas bahwa kebahagiaan merupakan hal relatif dan bersifat subjektif. Namun kita bisa mengombinasi teori-teori yang telah dipaparkan di atas untuk menjawab permasalahan ini.  Jeremi Bentham dengan tujuan hukumnya yaitu untuk kebahagiaan bagi sebanyak-banyaknya orang, namun perlu juga memperhatikan kritikan dari John Rawls bahwa keinginan komunitas ini juga haruslah adil dan beradab olehnya justice theory dari Rawls sepertinya tepat digunakan dalam membuat peraturan. Selanjutnya peraturan yang akan dibuat sebaiknya sesuai dengan keinginan masyarakat atau jiwa bangsa (volkgiest) dengan demikian apa yang dikemukakan oleh Roscoe Pound bahwa tatanan hukum yang adil adalah tatanan hukum yang mengamankan dan melindungi berbagai kepentingan kodifikasi hukum tradisional yang diwarisi sesuai kondisi sosial yang ada akan dapat terpenuhi.
Namun di luar dari hal itu semua untuk membantu tugas hukum untuk memgontrol kondisi sosial karena memang hukum hanyalah salah satu alat kontrol sosial, diperlukan pranata lain seperti Pranata Agama. Hal ini diperlukan sebab sebagaimana yang telah dikatakan oleh Hans Kelsen bahwa kebahagiaan itu adalah hal yang bersifat subjektif dan Irrasional. Jika direnungkan apa yang dikemukakan Kelsen tersebut adalah masalah yang membutuhkan solusi. olehnya menurut penulis pencapaian kebahagiaan yang bersifat Subjektif dan Irrasional dapat dicapai dengan pencapaian kebahagiaan yang bersifat transedental. Caranya yakni dengan menggunakan peran ajaran agama.
      
 BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ketertiban adalah keadaan yang serba teratur dengan prinsip, kesopanan, kedisplinan, dengan maksud untuk mencapai suatu yang di inginkan bersama yaitu terciptanya suasana yang tentram dan damai. Agar bias terciptanya keteriban maka harus ada hukum yang mengatur dalm kehidupan masyarakat, Hukum yang ada kaitannya dengan masyarakat mempunyai tujuan utama yaitu dapat direduksi untuk ketertiban (order).
Ketertiban didukung oleh tatanan yang mempunyai sifat berlain-lainan karena norma-norma yang mendukung masing-masing tatanan mempunyai sifat yang tidak sama. Oleh karena itu, dalam masyarakat yang teratur setiap manusia sebagai anggota masyarakat harus  memperhatikan norma atau kaidah, atau peraturan hidup yang ada dan hidup dalam masyarakat. Ketertiban dapat membuat seseorang disiplin, Ketertiban dan Kedisiplinan sebagai Landasan Kemajuan. Tertib dan disiplin adalah matra yang amat menentukan keberhasilan sebuah proses pencapaian tujuan.
B.  Saran
Kehidupan tertib adalah kehidupan yang menghargai setiap aturan yang berlaku dilingkungan. Ketertiban perlu diterapkan dilingkungan, baik dilingkungan Pendidikan, Perkantoran, maupun di Masyarakat agar selalu tercipta suasana rukun dan damai. Untuk itu, ketertiban adalah kunci utama dari keberhasilan maka tertiblah sebelum ditertibkan

DAFTAR PUSTAKA

http://justitia1.wordpress.com
http://battle-of-speech.blogspot.com
                                                                          http://www.bodhidharma.or.id
                                                                             http://www.hukumonline.com
 




Share:

HIPPMAHB MALUKU PAGUYUBAN SPEKTAKULER SERAM BAGIAN BARAT

Himpunan Pemuda Pelajar Masasiswa Huamual Barat (HIPPMAHB MALUKU) merupakan organisasi paguyuban Spektakuler menarik perhatian di Seram Bagian Barat Barat umumnya dan kususnya Kecamatan Huamual. Organisasi ini  dapat menghimpun Pemuda Pelajar dan dan Mahasiswa serta masyarakat Huamual Barat tampa melihat perbedaan suku, ras, dan bahkan agama sekalipun.  Target kerjanya bukan hanya difokuskan pada Huamual Barat namun lebih dari itu, HIPPMAHB akan melakukan Ekspansi kerjanya di Profinsi Maluku.  Salah satu program awal kerjanya yang dilakukan adalah mendorong Negeri Luhu untuk dijadikan Pelabuan Terminal Transit yang menghubungkan Maluku tengah dengan Seram Bagian Barat.
Wakil Gubernur Maluku Ir Said Assagaff turut hadir dalam kegiatan Pelantikan dan Rapat Kerja sekaligus Halal Bi-Halal Pengurus  Himpunan Pemuda  Pelajar Huamual Barat (HIPPMAHB MALUKU) Periode 2012-2014, di Dusun Hatawano Negeri Luhu Kecamatan  Huamual  Kabupaten Seram Bagian Barat, Sabtu (25/88/2012).
Kedatangan Assagaff bersama rombongan ini disambut oleh ribuan masyarakat Huamual Barat yang dirangkai dengan pemasangan kalung bunga dan tarian selamat datang oleh para pelajar Madrasa Aliyah Biana Karya Hatawano. Pengalungan kalung bunga kepada Assagaff ini sebagai bentuk penghormatan terhadap tamu istimewa. Rombongan Wakil Gubernur tiba di Dusun  Hatawano  sekitar pukul 11.00 WIT bertolak dari Dermaga Hitu Maluku Tengah, dengan mengunakan kapal cepat Siwalima. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa SKPD Provinsi Maluku, Sekda Seram Bagian Barat, Mansur Tuharea, DPR Profinsi Maluku Eferd karmite, Camat Huamual, Pengurus Persatuan Islam (Persis) Wilayah Maluku, dan Imam Mesjid Raya Al-Fatah Ambon.
Kegiatan dibuka dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia, setelah itu pembacaan ayat suci AL Quran dan Saritilawa, agendanya dalam kegitan itu adalah sambutan pertama dari sesepu HIPPMAHB, disampakan Drs Abiding Gumale selaku tuan rumah sekaligus kepala sekolah MA Aliah Binakarya Hatwano. Dalam sambutanya menyampaikan bahwa HIPPMAB adalah organisasi yang berkontribusi besar terhadap kemajuan pendidikan di Huamual Barat. Organisasi ini sudah mempunyai yayasan Binakarya dan telah berhasil mendirikan sekolah dari tingkat  SD, SMP dan SMA salah satu diantaranya Madarasah Aliah Binakarya Hatwano.  MA Binakarya Hatawano hanya mempunyai dua 17 tenaga pengjar namun hanya dua tenaga pengajar yang berstatus PNS, sedangkan yang lainya adalah tenaga Honorer. Dihadapan Wakil Gubernur Maluku dan Sekertaris Daerah Seram Bagian Barat Gumale, meminta kepada Pemerintah Daerah agar memperhatikan nasip guru honor yang sudah lama mengabdi di Sekolah MA Binakarya Hatawano sehingga ke depan MA Binakarya Hatawano bisa mempunyai banyak tenaga PNS agar tidak kalah saing dengan sekolah-sekolah lain di Profinsi Maluku.
Muhlis Kasuba S.Hi setelah selesai membacakan Surat Keputusan (SK)  kepengurusan HIPPMAHB Periode 2012- 2014 Sekertris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat Mansur Tuharea lansung melantik Pengurus  HIPPMAHB Maluku Periode 2012-2014 yang diikuti dengan sumpah setia dan loyal terhadap organisasi.
Ketua Umum HIPPMAHB La Arifin S.Ag, M.Ag, dalam sambutanya banyak memaparkan tentang sepakterjang organisasi dan realitas Huamual Barat saat ini. Menurut Arifin, HIPPMAHB sebagai salah satu organisasi paguyuban di Maluku yang menganut asas kekeluargaan dengan semangat gotong royong pertama didirikan pada tanggal  2 Agustus 1998. Spirit didirikannya organisasi adalah untuk menghimpun para generasi muda Huamual Barat dengan harapan dapat berkontribusi aktif terhadap perkembangan dan kemajuan daerah. Disamping sebagai wahana untuk mengasah dan menciptkan kader-kader bangsa yang potensial dengan skill dan kecakapan sebagai bekal masadepan anggota organisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, organisasi ini juga konsen terhadap masalah-masalah social kemasyarakatan.
Dalam perjalanan organisasi, banyak hal yang menjadi gagasan dan pikiran-pikiran yang telah di lakukan meskipun belum sepenuhnya dapat dikatakan sebuah prestasi yang spektakuler. Namun tidaklah berlebihan kiranya beberapa kerja-kerja organisasi  yang telah dilakukan dapat saya sampaikan sebagai spirit dan motivasi untuk lebih berfikir kritis dan berperilaku aktif dalam kehidupan berorganisasi. Kiranya dapat diapresiasi bahwa Eksitensi HIPPMAHB saat ini, menjadi  perangsang dan motivasi bagi masyarakat sehingga animo dan spirit masyarakat dalam hal pengembangan sumberdaya manusia mengalami peningkatan yang signifikan. Kondisi ini dapat dibuktikan dengan semakin bertambahnya kuantitas para mahasiswa dari tahun ketahun yang melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi baik di Profinsi Maluku maupun diluar  Profinsi Maluku dengan berbagai jurusan yang beragam dan tingkatan srata yang berbeda-beda baik srata satu, strata dua, maupun starata tiga.
Saat ini  Mahasiswa Huamual Barat yang tergabung dalam wadah Hipunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMAHB Maluku ) berjumlah kurang lebih Seribu lima ratus orang yang tersebar dibeberapa perguruan tinggi di Indonesia termasuk di kota Ambon. Dari sisi pengembangan sumberdaya manusia ini dapat dikatakan sebagai sebuah prestasi dan potensi yang besar bagi kemajuan dan perkembangan daerah. Disamping potensi sumber daya manusia dimiliki HIPPMAHB Maluku, sumberdaya Alamnya yang ada di kawasan Huamual khususnya Huamual Barat di berbagai segmen terutama pertanian, dan perikanan merupakan segmen unggulan telah menjadi penopang kehidupan masyarakat. Namun harus diakui ketersediaan sumberdaya Alam  tersebut belum dapat menjadikan kawasan Huamual Barat sebagai kawasan yang maju dan sejatera. Dengan tidak berlebihan dapat dikatakan  kawasan ini masih dalam katagori kawasan tertinggal dan terbelakang, jika dibandikan dengan daerah-daerah lain di Profinsi Maluku umumnya dan Kabupaten SBB pada khususnya. Padahal Realitas geografis kawasan Huamual Barat sangat dekat dengan kota Profinsi Maluku, namun ironisnya pemerataan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah belum sepenuhnya dinikmati masyarakat. Kawasan ini tertinggal diantaranya adalah kurang adanya kepedulian pemerintah terhadap pembangunan infrasutuktur jalan.
Ketua HIPPMAHB juga memberikan apresiasi positif atas kehadirian Wakil Gubenur Maluku Ir Said Assagaf dan beberapa orang SKPD dari Profinsi Maluku yang sempat hadir pada acara pelantikan HIPPMAHB, saya atas nama ketua HIPPMAHB mengucapkan banyak terima kasih atas kedatangan Wakil Gubernur dan rombongan yang sempat meluangkan waktunya untuk hadir menyaksikan acara pelantikan dan mau bersilaturahmi dengan masyarakat Huamual Barat.
Sementara itu Wakil Gubenur Maluku Ir Said Assagaf dalam sambutanya mengatakan  kiranya generasi Huamual Barat terus didorong untuk pembagunan sumberdaya manusia hususnya dalam bidang pendidikan dan kesejateraan masyarakat sehingga kedepan HIPPMAHB dapat menciptakan Ribuan  Doktor. Wakil Gubernur menyampikan keprihatiananya kepada korban bencan alam yang menimpa masyarakat Huamual Barat bebrapa waktu lalu.
Assagaf menyesalkan sikap kepala daerah kabupaten Seram Bagian Barat yang tidak turun kelapangan paska banjir terjadi, seharusnya ketika korban bencana alam sebenarnya yang harus turun lokasi awal kejadian adalah kepala daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, namun realitasnya yang kelapanangan  duluan adalah pemerintah Provinsi Maluku, Wagub juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Huamual Barat terutama kepada korban bencana alam agar bersabar perbanyak berdoa memohon ampun karena ini merupakan teguran dari Allah SWT. Sambutan Assagaf ini sekaligus ditutup dengan membuka dengan resmi rapat kerja HIPPMAHB Maluku periode 2012-2014.
Setelah acara pelantikan dan Halal Bi Halal, Assagaf kemudian menyerahkan bantuan sebanyak satu ton beras dan bantuan sembako lainnya di wilayah itu, sedangkan Pemerintah Daerah melalui Sekda Kabupaten Seram Bagian Barat juga menyerahkan bantuannya berupa paket sembako, yang disusul oleh Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Huamual Barat (HIPPMAHB) yang diserahkan ketua umum La Arifin kepada korban bencana alam yang ada di Huamual Barat.
Assagaff mengatakan, dirinya sangat bangga dengan kegiatan yang diselengarakan HIPPMAHB, sebab dengan kegiatan tersebut dirinya biasa sampai di Huamual Barat dan melihat langsung para korban bencana Alam.


Share:

KEISTIMEWAAN PUASA SUATU TINJAUAN MEDIS



 Bepuasalah dengan penuh keiklasan hati untuk mendapatkan ridha Allah SWT, Orang yang berpuasa bisa dijauhakan dari segala macam penyakit yang membahayakan jiwa dan dengan terapi puasa segala penyakit akan mudah disembuhkan,Insyah Allah.
Beberapa waktu yang lalu di bulan Ramadhan disaat saya bersama tiga orang teman pergi ke kampus Universias Pattimura Ambon untuk mengikuti kuliah umum tentang indahnya Ramadhan. Kebetulan kampus itu bukan hanya komunitas islam namun terdapat beberapa komunitas umat beragama. Sambil menunggu kuliah yang belum juga dimulai, saya dengan tiga orang taman langsung menuju salah satu tempat santai diruang lingkup kampus. Ditempat itu, duduk beberapa teman-teman mahasiswa bukan beragama islam. Kami langsung bergabung duduk santai bersama teman-teman yang bukan seagama sebut saja mereka dari agama kristen. Teman-teman yang beragama kristen mereka duduk sambil makan makanan ringan (snek) karena keberadaan kami dan saat itu juga mereka mengetahui bahwa kami sedang dalam keadaan berpuasa, tampa dibilang mereka langsung berhenti makan. Sek yang dipegang langsung dimasukan kedalam tasnya mereka masing-masing.Kami serentak bilang kepada mereka,lanjutkan saja makannya tidak apa-apa, makan saja ! lagian kami berpuasa bukan karena makanan itu, lalu bisa mengugurkan nilai ibadah kami. Namun mereka tetap saja tidak mengindahkan kata-kata kami dan tetap menghargai kami yang sedang dalam keadaan berpuasa. Kemudian sambil bercerita dengan mereka teman-teman dari agama kristen, salah seorang dari teman kristen bertanya kepada saya dan tiga orang teman, kalian berpuasa bisa juga ya.? Kalian bisa tahan lapar dari pagi sampai sore menjelang malam ! apakah kalian menahan lapar seperti itu, tidak terkena penyakit seperti sakit mah ? saya langsung menjawab pertanyaannya, insyah Allah kami yang berpuasa ikhlas karena Allah akan selalu dijauhkan dari segala macam penyakit, justru ketika kami berpuasa iklas karena Allah maka insyah Allah penyakit yang ada pada diri kami akan hilang termasuk salah satunya penyakit hati, dengki kepada orang lain, itulah keutamaan orang-orang yang berpuasa.
Paparan singkat diatas sekedar ceritaKU tentang keadaan orang yang bepuasa, dapat dipetik hikmanya bahwa orang yang berpuasa iklas karena Allah SWT akan dijauhkan dari segala macam penyakit. ALLAH SWT Mewajibkan hambanya untuk berpuasa, sebab tidak akan sempurna imannya seorang muslim jika dia melalaikan kewajibanya untuk menjalangkan puasa sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Alquran yang artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atasmu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu sekalian menjadi orang yang bertaqwa,”(Q.S.Al Baqarah:183).
Ayat tersebut diatas mengandung ribuan makna, bahwasaya Allah SWT memerintahkan kepada hambanya untuk berpuasa disebabkan karena puasa selain dari kewajiban seorang muslim untuk menjalangkan rukun islam ke-tiga, juga bermaksud untuk meningkatkan ketakwaan seseorang kepada ALLA SWT agar bisa dijauhkan dari segala sesuatu yang mengancam diri seseorang salah satunya dapat menjaga tubuh seseorang dari ancaman penyakit, insyah Allah. Puasa juga bisa melanengkan hubungan sosial diantara sesama umat manusia. Dengan berpuasa umat islam diajarkan untuk sabar, iklas, jujur, tawakal, dan tidak harus dengki kepada orang lain. Dengan berpuasa segala sesuatu yang menghambat aktifitas jasmani dan rohani dapat segera teratasi, membuat fikiran dan jiwa seseorang menjadi tenang. Orang yang berpuasa tidak akan gampang stres, mejadikan seseorang berfikir jernih bertindak positif.Dengan berpuasa Allah SWT membuka peluang besar kepada hambanya untuk bisa menyembuhkan segala penyakit yang dideritanya baik itu, penyakit jasmani maupun rohani. Memang itulah khasiat orang yang berpuasa. Ternyta kewajiban berpuasa bukan hanya dijalangkan oleh generasi saat ini, namun jauh sebelumnya puasa telah dijalangkan oleh generasi-generasi terdahulu bahkan generasi terdahulu menjadikan puasa sebagai terapi rutinitas penyembuhan penyakit yang mengancam kehidupan dengan berujung pada kematian. Memang sebagian generasi terdahulu menjadikan puasa sebagai terapi penyembuhan penyakit. Oleh sebab itu, seseorang yang berpuasa mempunyai keistimewahan-keistimewahan khusus untuk dirinya sendiri maupun orang lain diantaranya yaitu:
I.          Puasa Dapat Mengobati Banyak Penyakit
Allah SWT menjadikan dibalik ibadah puasa faedah yang sangat banyak yang dapat menghilangkan banyak penyakit yang dapt merangkut nyawa dalam waktu yang singkat. Dari sudut pandang kedokteran puasa adalah salah satu cara untuk membersihkan tubuh manusia dengan menangalkan zat-zat atau makanan yang berlebihan dari tubuh tersebut.
Disamping membersihkan dan pengaturan ini, ibadah puasa juga memiliki keistimewaan-keistimewaan lainya. Diantaranya adalah mengistirahatkan usus perut dan anggota tubuh yang berada didalam perut lainya dengan memberikan kesempatan dengan tidak dapat digantikan dengan kekurangan terdahulu dalam proses kerjanya. Dalam ibadah puasa terdapat unsur-unsur awet mudah. Hal ini karena ibadah puasa dapat menjadikan sel-sel pembuluh darah semakin arif dan itulah hakekat yang dapat dikenal dari berbagai hakekat ilmu hidup. Ibadah puasa bukanlah sesuatu hal yang baru, karena orang-orang terdahulu menganggapnya sebagai keistimewaan hidup. Bahkan mereka telah mengusulkan tempat yang sangat besar dari dalam ibadah dan keyakinan beragama mereka. Ibadah puasa sangat terkenal dikalangan Agama Mesir Kuno dan Agama kuno lainya sebagaimana yang disebutkan oleh kitab-kitab yang turun dari langit, dan tidak diragukan lagi bahwa kewajiban berpuasa memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan serta kekuatan akal dan tubuh manusia.
Namun tidak semua puasa yang dikenal oleh orang-orang terdahulu sifatnya ritual keagamaan, disebutkan didalam beberapa buku bahwa Socretes dan Alfton selalu berpuasa sepulu hari pada setiap beberapa bulan, juga disebutkan bahwa sebagian pendeta-pendeta Nasrani yang hidup diabad pertengahan mengangap sebagai pengobatan yang sangat ampuh untuk penyakit saraf. Ibnu Sina menganggap puasa adalah faktor yang sangat penting untuk mengobati berbgai penyakit. Ibnu Sina seorang Arab terkenal sering mewajibkan pasienya berpuasa selama tiga minggu.
Pada saat serangan perancis ke Mesir, rumah-rumah sakit Arab mendata bahwa puasa adalah cara pengobatan yang sangat ampuh terhadap sesuatu penyakit. Hali ini telah ditulis oleh dr Robert Partolo seorang dokter ahli Amerika yang ikut bergerut menangani tentang penyakit disentri, Dia berkata “ tidak diragukan lagi, puasa adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk menghilangkan mikroba yang diantaranya adalah mikroba disentri karena puasa mengandung pemenuhan terhadap sel-sel lalu membangunya kembali. Itulah teori At-tarwiji (mengosongkan perut) pada pengobatan penyakit disentri, dan ini adalah metode yang dimiliki oleh-orang-orang timur kuno sementara itu disan masi banyak lagi bentuk penyakit yang dapat disembuhkan melalu berpuasa.
Dimasa modern ini banyak sekali pakar-pakar kesehatan dan pendidikan badan mengunakan puasa sebagai metode. Yang sangat ampuh diantara tokoh terkenal itu adalah dr Alan, dengan hasil yang sangat memuaskan dia mampu menyembuhkan penykit kencing manis dengan terapi berpuasa. Dr Carloson dia menjadikan puasa sebagai terapi untuk awet mudah. Dr Ganz selalu menganjurkan pada pasiennya untuk melakukan terapi puasa. Berland Mikpa dan (tokoh kebudayaan oleh badan di Amerika) berkata “ sesungguhnya saya lebih meyakini bahwa puasa mampu menyembukan setap penyakit-penyakit yang tidak mampu disembukan oleh pengobatan-pengobatan lainnya.
2. Pengaruh Puasa Terhadap Tubuh Dan Jiwa
dr Sulaiman Azami adalah seorang dokter yang sangat terkenal di Timur dan Barat, ia telah membuat kaum muslimin menjadi bangga dengan perkataannya, menurutnya sesungguhnya para dokter telah meneliti masalah puasa dari segi kedokteran/ kesaksian yang dilakukan secara luas dan mendalam sehingga tidak ada hal baru yang mungkin diungkap dari ibadah puasa sesungguhnya kami dari peneliti itu baik yang diutus maupun yang didengarkan telah menyimpulkan jadi beberapa poin mendasar bahwa puasa sama sekali tidak mengandung manfaat untuk sebagian orang yang sehat. Bahkan ia mengandung manfaat untuk sebagian orang yang sehat, dan apabila orang yang berpuasa menimbulkan kemudaratan, itu dikarenakan yang melakukannya adalah orang-orang yang memang tidak seharusnya berpuasa, baik secara syara maupun kedokteran.
Hal ini kata dr sulaiman sangat ditegakan oleh ayat Al Quran yang sangat jelas, Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya Allah sangat senang apabila  Ruskhsah (hukum-hukum kelongaran)nya disambut dan diamalkan sebagaimana Dia juga menyukai apabila azimah (hukum-hukum yang tidak dapat ditawar-tawar) dilaksanakan.”
Selain itu kemudaratan juga dimunculkan oleh tidak adanya perhatian terhadap sistem kesehatan disaat menyantap makanan yang sulit dicernah dan dapat melibatkan perut, Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada tempat yang paling jelek yang diisi oleh manusia selain perutnya.”
Ditemukan dalam sirah (sejarah) Rasulullah SAW beliau berbuka puasa dengan menyantap beberapa biji kurma saja, apabila kurma tidak ada, beliau mengantikanya dengan beberapa dengan beberapa sendok bubur.
Namun sesunggunhya kesehatan tidak hanya terbatas pada pengobatan tubuh saja, tetapi dia juga mengobati status kejiwaan dan social seseorang yang semuanya adalah factor yang saling melengkapi, dari sudut kejwaan, bulan puasa adalah bulan kesabaran, jauh dari sifat marah dan refleksi kejiwaan serta peningkatan untuk menjadi jiwa yang luhur.
Dengan demikian bulan Ramadhan bulan kebeningan jiwa, kesadaran hati, latihan terhadap kuatnya keinginan, dan jauh dari sifat ria, karena sesunggunya tidak ada Sesutu yang dapat mencegah orang yang berpuasa untuk makan dan minum secara bersembunyi, lalu dia berpura-pura sebagai orang yang sedang berpuasa, selain tegunya keinginan dan indahnya ketaatan. Dari segi moral puasa sangat berpengaruh terhadap keindahan ahlak diantara sesame manusia. Dengan puasa sifat malas dan pelit pun dapat ditinggalkan, karena apabila ada seseorang yang mencelah orang yang berpuasa tersebut harus menjawabnya dengan ucapan “ aku sedang berpuasa.”
Puasa juga dapat menuntut dari segi kebohongan dan dusta serta enghiasi diri dengan pekerti yang luhur karena Nabi Saw bersabda: “Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan berbohong maka tidak ada artinya bagi Allah perjuangan meninggalkan makan dan minum.” (HR. Muslim). “Beberapa orang yang berpuasa hanya mendaptakan lapar dan dahaga (HR.Bukhari).
3. Kesehatan Bagi Orang Yang Berpuasa
men sana in cepere sano,” demikian pepatah latin mengatakannya yang dalam edisi Arab, “ AL-‘Aqlsalim fial-jism salim,” akal yang sehat terdapat pula tubuh yang sehat, betapa mahal nilai sehat bagi seseorang. Siapa pun dimana pun kapan pun kesehatan adalah segalanya yang kita inginkan. Pengaruh kesehatan tubuh sangat besar terhadap aktifitas manusia, baik aktifitas badani, akal maupun rohani.
Manusia adalah kesatuan jasad dan roh, jasad memiliki kebutuhan sendiri, sebagaimana halnya roh, jasad memiliki kebutuhan sendiri, sebagaimana halnya roh yang juga mempunyai kebutuhan sendiri. Keduanya harus seimbang. Budaya materialism seringkali menyepelekan fungsi dan peran jiwa dan kehidupan manusia, menyebankan mereka terpelosok dalam belengu materi.
Puasa dalam konteks ini efektif meningkatkan stamina roh, mensucikan jiwa dan mengantarkanya pada kesalahan dan kebahagiaan disamping memelihara kesehatan tubuh manusia melebihi tindakan menjelekan dalam memelihara kesehatan tubuh dalam mencegahnya dari segal penyakit, berlebih-lebihan dalam mengonsumsi makanan merupakan pangkal setiap penyakit. Tidak ada hal yang lebih berbahaya bagi tubuh manusia melebihi tindakan menjalangkan makanan demi makanan kedalam perut tanpa henti dan menyelesaikanya  dengan sesuatu yang tidak ia mampu cernah.
Makanan berlebihan mempertarungkan hawa napsu yaitu napsu serakah dan ini disamping tidak meneladani Nabi juga melarang rambu-rambu islam yang melarang umatnya berprilaku insraf dan tabdzir, diriwayatkan bahwa Aisyah istri Nabi SAW pernah berkata: Keluarga Muhamad tidak pernah makan (kenyang) dengan roti gandum selamu dua hari berturut-turut hingga meninggalnya Rasullulah,(HR Tarmizi). Ibu Abas ra juga pernah berkata: Rasullulah SAW menalani beberapa malam berturut-turut dengan perut kosong bersam keluarga beliau tampa makan (yang bias dimakan) untuk santap makanan malam dan roti yang paling sering mereka santap adalah roti dari bahan Gandum barli (HR Tarmizi.
Disebutkan dalam kitab Al Mawahabib As Saniyyah bahwa Rasullulah SAW biasanya menjaga (sangat memprihatikan)jenis dan krateristik makanan. Beliau juga sangat memperhatikan makanan, makanan itu menurut aturan medis, jika salah satu dari dua jenis makanan mengandung sesuatu yang perlu diperbaiki dan diselaraskan panasnya, maka beliau membelah dan menyeimbangkan suhunya kalau hal itu diasa tidak mungkin dilakukan, maka beliau hanya mengosumsi makanan itu sebatas yang dibutuhkan saja tampa berlebihan (israf). Oleh AlQuran, kita diperingatkan agar mengidari sikap boros (insaf dan tabzir) karena boros itu merupakan prilaku syaitan dan sering ingkar kepada tuhan. Dalam surat AL-Araf:13, Allah berfirman artinya:“Dan makan minumlah kalian, jangan berlebih-lebihan karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan,”
Pemborosan dalam makanan disamping menyia-nyiakan nikmat Allah, menimbulkan beragam penyakit seperti tekanan darah tinggi (Hiperensi), penyakit jantung, Gula (Diabetes) penyakit kandung kemih, penyakit encok, atau radang persediaan, juga menunjukan sikap tidak mempunyai solidaritas social bahwa diluar sanah masih banyak orang-orang yang kurang beruntung dalam hal konsumsi. Korelasi puasa dengan kesehatan dapat dilihat pada hasil-hasil eksprimen sebagaimana dilangsir Muhamad Ibrahim (2007:38-46)berikut:
1.    Puasa  khususnya puasa media (starvensi)sama dengan operasi, hanya saja ia tidak mengunakan pisau bedah (atau alat bedah semisal)yang dapat digunakan untuk pengobatan.
2.    Selama berpuasa, tubuh sangat bergantung pada lemak-lemak yang tersimpan dalam organ tubuh dan yang berhenti salama masa puasa hanyalah proses perencanaan makanan, bukan proses penetrasian tubuh.
3.    Puasa dapat melatih tubuh untuk dapat mengunakan lemak-lemak yang tersimpan dalam organ tubuh secara ekonomis sampai pada tingkatan yang sangat signifikan.
4.    Puasa sama sekali tidak memiliki efek samping terhadap organ-organ inti dala tubuh, sehingga serendah apapun penurunan berat badan yang dialami maupun perubahan kondisi tubuh pada orang yang menderita sakit otak, paru-paru dan hati (liver)tetap berjlan secara nomal, kecuali pada kasus penyakit yang menyerang organ-organnya misalkan sakit paru-paru.
5.    Ketika tidak melakukan proses pencernaan, tubuh mengunakan waktu yang biasanya dikhususkan untuk proses pencernaan makanan untuk menjalangkan fungsi pembersihan dan steriusasi tubuh secara total
6.    Selama puasa, jaringan-jaringan tubuh mengalami proses konsumsi dan pelepasan energy dan kadar yang mencerminkan urgensi jaringan-jaringan ini.
7.    Ada tiga manfaat puasa bagi tiga kesehatan jantung:
a.    Puasa melawan tekanan-tekanan yang selalu mendera jantung
b.    Puasa memberikan kesempatan bagi jantung untuk istrahat
c.    Puasa dapat mensterilkan darah dengan demikian puasa memberikan kesempatan pada jantung untuk mengonsumsi darah bersih.
8.    Jantung kita berdenyut 80 kali/menit atau sam dengan 115.200 kali/24 jam pada hari-hari puasa memang terjadi penurunan jumlah denyutan jantung hingga mencapai kuran dari 60 kali/menit, namun selanjutnya jantung berdenyut secara stabil pada angka 60 detak/menit sepanjang hari selama puasa.
9.    Penurunan jumlah detak jantung ini menghemat 28.800 detak per 24 jam. Ini berarti jantung dapat beristirahat dengan menghemat seperempat paru waktu kerja yang ditempuhnya pada hari-hari biasa diluar kerjanya.
10. Proses pemulihan luka dan hilangnya sejumlah radang di organ tubuh berjalan lebih cepat dan maksimal selama masa puasa.

Itulah antara lain pesan dan fungsi puasa dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan orang-orang yang melakukanya.Sebagai seorang muslim puasa merupakan belajar untuk tidak melakukan perbuatan mungkar, maka janganlah kita sia-siakan bulan suci Ramadhan.
Share:

HIPMAHB AKSI KEMANUSIAAN KORBAN BENCANA ALAM


Galang Dana Kemanusiaan
Puluhan Mahasiswa dari Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Huamual Barat  (HIPMAHB ) melakukan aksi pengalangan dana kemanusiaan untuk korban bencana alam yang terjadi hampir semua daerah yang ada di Profinsi Maluku dan salah satunya di Daerah Huamual Barat Kabupaten Seram Bagian Barat yang menghancurkan Puluhan rumah dibeberapa Dusun, yang menyebabkan hilangnya harta benda dan korban jiwa pada 1 Agustus beberapa waktu lalu, senin (06/08/2012).
Gerakan solidaritas ini mengusung tema “Seribu Rupiah untuk meringankan beban korban”, hal ini dilakukan HIPMAHB sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap daerah yang belum sempat dilirik oleh Pemerintah Kabupaten dan Profinsi itu. Aksi dimulai sekitar 12.00 WIT yang dibagi dalam dua sektor, sektor satu dimulai dari Ongkoliong sampai di Pantai Mardika, sedangkan sektor dua dimulai dari Lampu Merah Pos Kota Ambon,  Belakang Kantor Gubernur kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju perampatan Tugu Trikora dan beristirahat di depan Mesjid Raya Alfatah Ambon.
Para korban bencana Alam yang terjadi di Kabupaten Seram Bagin Barat Huamual Barat Hampir sebagian besar, kini tidak lagi memiliki tempat tinggal, sebab rumahnya sudah terbawa oleh derasnya arus sungai, dan tanah longsor beberapa waku lalu. Para korban yang tidak lagi memiliki tempat tinggal pun hinga kini masih mengungsi rumah disanak keluarganya. Dan ada yang memilih untuk tinggal ditempat yang tidak terkena banjir dengan mengunakan tenda-tenda darurat. Sampai saat ini bantuan dari pemerintah pun belum juga diperoleh oleh para korban bencana.  Sementara untuk keperluan hidup sehari-hari para korban terpaksa menumpang makan di rumah warga tempat mereka mengungsi. Kondisi itu tentu sangat memprihatinkan bagi kelangsungan hidup warga yang ada di Huamual Barat Negeri Luhu ini.  
Kondisi korban bencana dibeberapa Dusun di Kecamatan Huamual sangat memprihatinkan, Rumah warga hanyalah tingal puing, kondisi kesehatan mereka pun mulai terancam. Sementara itu, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Seram Bagian Barat sampai saat ini belum juga meninjau lokasi kejadian. Aksi solidaritas yang dilakukan HIPPMHB juga merupakan gerakan moril atas nama kemanusiaan sebab saat ini para korban banjir di Kecamatan Huamual sangat membutuhkan uluran tangan dari para dermawan untuk membantu meringankan beban penderitaan masyarakat yang kehilangan harta benda dan tempat tinggalnya.
Gerakan solidaritas pengalangan dana ini akan dilakukan HIPPMHB selama tiga hari berturut-turut sekaligus mempublikasikan agar pemerintah profinsi dapat mengetahui secara langsung bahwa bencana Alam bukan hanya terjadi di kota Ambon namun bencana Alam juga terjadi di Huamual Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Walaupun hasil dari pengalangan dana ini tidak begitu memuaskan namun bagi HIPPMHB yang terpenting adalah keihlasan untuk saling membantu sesama manusia. Kemudian HIPPMHB juga akan membentuk posko peduli bencana Huamual Barat di kota Ambon. sehingga dengan kehadiran posko Huamual Barat ini, akan mempermudah para dermawan yang akan meyumbangkan sedikit harta bendanya kepada para korban bencanan Alam. Setelah dana terkumpul dengan baik maka sebentar nani akan diserahkan langsung kepada para korban bencana Alam tampa harus ada perantara.

kharen



Share:

HUAMUAL BARAT BERDUKA PEMDA DAN PEMPROF BELUM LIRIK


bencana banjir
Hujan  deras yang menguyur Wilayah Maluku beberapa hari lalu selama tiga hari berturut-turut dan berakir pada 1 Agustus 2012 mengakibatkan banjir dan tanah longsor hampir disetiap Kabupaten Kota  yang ada di Profinsi Maluku. Salah satu daerah paling parah akibat banjir adalah Huamual Barat. Namun sampai saat ini para korban banjir di Huamual Barat belum juga dilirik oleh pemerintah daerah dan Pemerintah Profinsi. Anggapan masyarakat Huamual Barat dan Kota Ambon bahwa bencana banjir dan tanah longsor kali ini merupakan bencana paling dasyat sepanjang sejarah banjir dan tanah lonsor di Profinsi Maluku. Akibat bencana Alam ini, Ribuan orang kehilangan tempat tinggal, Banyak harta dan korban jiwa melayang, warga juga kesuliatan meperoleh makanan, pakaian dan air bersih. Kerugian akibat banjir dan tanah longsor ditaksir mencapai Miliaran Rupiah.

Di Kota Ambon Paska banjir dan tanah lonsor warga dibantu oleh aparat TNI dan Polri membersihkan rumah mereka dari tumpukan sampah, lumpur dan matrial lain. Sedangkan Bagi warga yang tidak lagi memiliki tempat tinggal langsung diunsikan ketempat pengunsian atau memilih tinggal bersama sanak saudara mereka yang tidak terkena banjir dan tanah longsor. Pimpinan di dearah pun langsung mengambil bagian, mulai Gubernur, Wakil Gubernur, Pangdam, Kapolda, Walikota, Wakil Walikota dan sejumlah pimpinan-pimpinan partai politik di Daerah serta para pejabat juga turut mengambil bagian menujau lokasi banjir dan tanah longsor secara langsung. Para korban langsung diberikan bantuan berupa makanan, Pakaian, perabot rumah, Air bersih dan lain-lain utamanya adalah bantuan sembako oleh pemerintah daerah. Wakil Gubernur pun tak segan-segan berupaya keras mengusulkan kepada pemerintah pusat agar bencana Kota Ambon dijadikan sebagai bencana Nasional. Sehingga APBN biasa segera dikucurkan ke Daerah karena mungkin saja APBD Profinsi Maluku saat ini tidaklah cukup untuk diberikan kepada Ribuan korban bencana Alam.
Daerah-daerah yang Rawan banjir dan tanah lonsor seperti Kota Ambon antara lain kawasan Paso, Batu Merah, Lapangan Galunggung; Komplaes IAIN, BTN Kanawa, Jalan Baru, Batu Meja, Batu Gantong, Karpan. Namun diantara daerah yang paling parah akibat banjir adalah Batu merah. Kemudian di Kecamatan  Leitimur, sedangkan di daerah Leihitu yaitu daerah Negeri Lima, dan Dusun Mamua. Puluhan rumah warga juga turtut menjadi korban banjir. Untuk didaerah Negeri Lima sendiri saat ini,  karena dilanda hujan deras selama beberapa hari waktu lalu, menyebabkan pegunungan didaerah itu patah dan  kemudian membentuk bendungan besar seperti halnya Danau toba diatas kampung perumahan warga, akibatnya warga setempat sangat khawatir dengan kondisi tersebut, sebab menurut warga setempat sewaktu-waktu ketika terjadinya hujan deras lagi, bisa saja bendungan tersebut Jebol. Mengakibatkan Negeri mereka hancur diterjang banjir, seperti halnya sudah terjadi di Dusun Mamua juga akibat dari terbendungnya Air, ketika bendunganya jebol dimusim hujan menyebabkan ratusan rumah warga rusak total terseret air sungai. Maka untuk mengantisipasi agar bendungan itu tidak jebol dikemudian hari, warga berharap kepada pemerintah daerah agar membantu mencari solusinya, dan kemudian para tua-tua adat Negeri Lima segera melakukan upacara adat disamping bendungan tersebut untuk keselamatan Negeri mereka kedepan.

Bencana banjir juga terjadi disebagian Daerah di Kabupaten Buru, dan salah satunya Daerah yang paling terparah diterjang banjir beberapa waktu lalu adalah Kabupaten Seram Bagian Barat yaitu Kecamatan Kairatu, dan Kecamatan Huamual. Untuk Daerah yang terkena bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Huamual diantaranya adalah Dusun Limboro pulahan rumah hancur, Lirang 3 rumah warga hanyut dan 46 rumah rusak. , Nasiri rumah hancur hampir seperdua kampung, Mange-Mange puluhan rumah, Amaholu Los puluhan rumah, Amaholu 2 rumah retak akibat lonsor, Hatawano puluhan rumah, Eli Jaya puluhan rumah hancur dan 2 orang meninggal dunia akibat terseret arus sungai, Saluku 6 rumah, Negeri Luhu puluhan rumah dan Katapang juga puluhan rumah. Tidak ada korban jiwa dalam pristiwa tersebut namun Akibat banjir susulan membawa matrial dan bebatuan tanggal 1 Agustus dinihari lalu, 2 orang warga Dusun Eli jaya meninggal dunia terseret arus sungai, satu orang sudah ditemukan dan satunya lagi masih dalam proses pencarian oleh warga setempat. Akibat banjir dan tanah longsor di Huamual Barat saat ini terjadi krisis listrik, kemudian salah satu Toer Telkomsel yang didirikan tak jau dari sungai di Dusun Nasiri hayut tebawa arus sungai, menyebabkan masyarakat Dusun Nasiri dan sekitarnya mengalami kesulitan untuk menelpon.

Bagi daerah yang jankauanya jauh dari Kota Profinsi  seperti di Kabupaten Seram Bagian Barat daerah Huamual Barat sampai saat ini Belum tersentuh bantuan sama sekali, dan belum ada satu pun dari pihak pemerintah baik Kabupaten maupun Profinsi datang meninjau lokasi kejadian. Padahal Kepala-kepala Dusun dari dusun yang terkena bencana banjir telah berupaya melaporkan bencana itu di Pemerintah Daerah dan telah dipublikasikan keberbagai media elektronik maupun cetak, namun sampai saat ini juga belum ada dari pihak pemerintah yang terun kelokasi kejadian secara langsung. Pemerintah Memang biasanya lebih memilih menjangkau daerah yang dekat dengan kota, dari pada harus meluangkan sedikit waktunya didaerah yang berjam-jam untuk sampai dilokasi tersebut. Padahal jika memamang pemerintah berniat untuk meninjau lokasi tampa harus membeda-bedakan daerah, maka daerah Huamual Barat termasuk daerah yang dekat dengan kota Profinsi dan Kota Kabapaten yang hanya jarak tempuhnya kurang lebih 2 jam. Munkinkah pemerintah Profinsi dan Kabupaten saat ini belum berniat untuk meninjau lokasi di Daerah tersebut? sampai belum ada satupun dari pihak Pemerintah yang melirik? Padahal banyak warga di Huamual Barat tidak lagi memiliki tempat tinggal, kehilangan harta benda bahkan korban jiwa seperti halnya banjir dan longsor yang menghancurkan rumah warga di kota Ambon..Adilkah kinerja Pemeintah seperti ini, sehingga tidak berniat untuk menjangkau lokasi yang sangat mudah untuk dijangkau.! Kepala Dinas Sosial Profinsi Maluku pun hanya biasa mendengar kabar lalu kemudian presentasi dimedia tentang 2 korban jiwa di Dusun Eli jaya, namun belum melakukan tindakan nyata secra langsung kelapangan. Warga terkena banjir Huamual Barat saat ini juga berharap agar mereka secepatnya diberikan bantuan seperti halnya bantuan yang disalurkan di Kota Ambon. Sebab warga Huamual Barat juga Punya hak yang sama untuk hidup dan mendapat kehidupan yang layak, punya hak yang sama untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah, sebagaimana perhatian warga terhadap pemerintah disaat pemelihan umum berlangsung. Jadi tidak harus ada perbedaan untuk mendistribusikan bantuan kelokasi kejadian. Semoga saja tidak ada orang berniat bejat yang menjadikan bencana Alam ini demi mengejar popularitas dan kepeentingan proyek semata, Bantuan disalurkan karena memang benar-benar tulus, ikhlas menolong umat tampa harus ada yang menyelubungkan kepentingan pribadi dan kelompok mereka, semoga hal itu tidak terjadi.

Paska banjir Dalam beberapa hari ini, Kondisi cuaca diprofinsi Maluku belum menetuh terkadang panas dan terkadang juga hujan walaupun hujan tidak lagi sederas hari lalu tetapi tetap saja memicu kekhwatiran warga diberbagai daerah di kota Ambon, Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat. Jangan sampai terjadi banjir seperti yang sudah terjadi beberapa waktu lalu. Alangkah bijaknya pemerintah di Negeri ini ketika menyalurkan bantuan tampa harus membeda-bedakan tempat itu jauh atau tidak.

Salam asarope….!!!
Share:

AMBON PANAS WARGA SENANG


Kondisi Kota Ambon yang diguyur hujan selama tiga hari berturut-turut menyebabkan longsor, banjir hingga  menelan harta dan korban jiwa, sore ini sudah terlihat panas. Kamis, (2/8/2012). Kondisi panas ini mulai dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk membersihkan rumah mereka yang  sempat terendam banjir. Walaupun kondisi panas di sore ini belum begitu stabil, namun bagi warga Kota Ambon cuaca panas ini merupakan waktu yang ditunggu-tunggu. Pasca hujan yang melanda kota Ambon, warga juga sudah mulai beraktifitas sebagai mana biasanya, toko-toko sudah mulai dibuka sedangkan   aktifitas perkantoran pun sudah berjalan normal sebab sebelumnya sempat terganggu akibat cuaca buruk dan hujan lebat. Warga kota Ambon merasa senang dengan kondisi panas dihari ini, karena sebelumnya warga sangat khwatir dengan hujan yang terus-menerus tampa henti melanda Kota Ambon.

Share:

Unordered List

3/sosial/post-list

Latest blog posts

3-latest-65px

BTemplates.com

3/sosial/col-right
Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Statistik Pengunjung

Ekonomi

3/ekonomi/col-left

Publikasi

3/publikasi/feat-list

Error 404

Sorry! The content you were looking for does not exist or changed its url.

Please check if the url is written correctly or try using our search form.

Recent Posts

header ads
Ag-Historis

Text Widget

Sample Text

Pengikut

Slider

4-latest-1110px-slider

Mobile Logo Settings

Mobile Logo Settings
image

Comments

4-comments

Budaya

budaya/feat-big

Subscribe Us

Recent Posts

sejarah/hot-posts

Pages

Popular Posts